Iwan Fals Gelar Konser di 15 Kota

Penyanyi balada Iwan Fals tampil usai memberikan keterangan pers jelang konser “Top Coffee Concert Bersama Iwan Fals”di Jakarta.

Penyanyi legendaris Iwan Fals akan bernostalgia dengan penggemarnya dengan menggelar tur di 15 kota di Indonesia dalam konser bertajuk Top Coffee Concert Bersama Iwan Fals.

Usia yang akan genap 52 tahun pada 3 September mendatang tak menjadi penghalang bagi Iwan Fals untuk terus berkarya di panggung musik. Dia akan menyambangi penggemarnya, Orang Indonesia (OI), dengan menggelar konser di 15 kota di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Perjalanannya yang disponsori salah satu produsen kopi yang mendapuknya sebagai brand ambassadoritu akan dimulai April.

Konser itu juga akan menjadi obat rindu bagi penggemarnya di luar Jabodetabek. ”Enggak terasa sudah empat tahun saya didukung mereka (produsen kopi),” ujarnya di Rolling Stone Cafe, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Menurut Iwan, tur tersebut akan hadir dengan ciri khasnya, yakni maraton lagu bertema sosial, mulai tentang generasi muda hingga masalah lingkungan.

Selain itu, Iwan menyisipkan satu lagu yang terinspirasi dari pengangkatannya sebagai brand ambassadorsebuah brandkopi instan, yakni “Kopi Sumber Inspirasiku”. ”Inspirasi saya setiap membuat lagu berkat cita rasa kopi yang nikmat,” katanya.

Selama tur di 15 kota, penyanyi kelahiran Jakarta, 3 September 1961 itu, akan diiringi pemain band Edi Daromi (keyboard), Raden (drummer), Sonata (gitaris), Totok (gitaris), dan Ardy (bass), serta ditemani musisi dari komunitas Saung Angklung Mang Udjo yang dikenal sebagai pelestari kesenian khas Sunda, yakni musik angklung. ”Ini yang akan membedakan aksi panggung saya dengan aksi sebelumnya,” katanya.

Adapun Iwan menyebutkan, keterlibatan musisi Saung Angklung Mang Udjo itu merupakan upaya untuk membangkitkan semangat generasi muda dalam mengembangkan kesenian yang dimiliki daerahnya masing-masing.

Dia menilai perlu kreativitas mereka dalam melestarikan kesenian tersebut. ”Saya sempat terkejut karena nama Bandung dan Indonesia di Amerika, Kanada, dan Eropa itu sangat terkenal dengan angklungnya. Saya harapkan wilayah lainnya bisa mengikuti,” ungkapnya.

Selain itu, pelantun lagu Bongkarini berharap aksi panggungnya saat tur nanti bisa memberikan inspirasi kepada anak-anak muda Indonesia. “Saya memiliki impian semoga penampilan di 15 kota nanti bisa memberikan inspirasi untuk kehidupan lebih baik karena saya yakin karya-karya ini bisa memberikan sesuatu lebih baik lagi, “ujar Iwan.

Tidak hanya menggelar konser, Iwan juga bermaksud menyampaikan misi lain disuarakan secara lantang lewat bait lirik lagunya. “Dalam perjalanan ini, saya ingin menyampaikan betapa pentingnya pendidikan, kebersihan, dan juga pentingnya menanam pohon karena banyak orang sekarang itu eling, sedangkan kalau saya dan kita hanya berada di balik selimut, masalah lingkungan enggak akan bisa diselesaikan, jadi masyarakat juga harus terus diingatkan,” katanya.

Sementara itu, di tengah kesibukannya mempersiapkan tur di 15 kota di 3 pulau besar di Indonesia, Iwan Fals juga mengaku sedang menggarap album terbaru yang akan dirilis pertengahan bulan Juni mendatang. Ada 24 lagu baru yang diciptakan Iwan, namun hanya 18 lagu yang masuk di album teranyar. ● thomas manggalla  

Senin 11 November 2013

Related News