Bawaslu Persoalkan Surat Korpri

SEMARANG- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng menemukan adanya surat korps pegawai republik Indonesia (Korpri) di Kabupaten Kebumen yang berbau sosialisasi terhadap calon gubernur tertentu.

Surat tersebut berisi permohonan doa restu kepada satuan kerja hingga camat- camat dari bekas Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Hadi Prabowo yang mencalonkan gubernur dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng Teguh Purnomo mengemukakan, seharusnya jika memang meminta doa restu, surat tersebut cukup dialamatkan kepada Ketua Korpri pusat Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Diah Anggraeni Karena itu merupakan atasan langsung dari Hadi Prabowo. Akan jadi aneh jika mohon doa restu kepada seluruh satuan kerja.

Teguh mengaku, baru menemukan sampel surat itu di Kebumen. Disinyalir surat tersebut sudah diedarkan secara massif di 35 kabupaten/ kota di Jateng “Ini bahaya yang besar. Makanya Panwaslu kami minta untuk menelusuri surat tersebut di daerah masing- masing,” ucap Teguh Purnomo, kemarin.

Namun, jika ternyata surat tersebut ditembuskan kepada seluruh satuan kerja, perlu dipertanyakan apa maksud dari surat itu. “Saya tidak tahu apakah surat tersebut bisa mempengaruhi atau tidak, atau untuk apa,” ucapnya.

Yang jelas, ujar dia, Bawaslu berharap agar tidak ada mobilisasi PNS dalam Pilgub. Sebab, mobilisasi PNS yang terjadi secara masif ini bisa membatalkan Pilgub. Ketua Tim Pemenangan Hadi Prabowo-Don Murdono, Agus Priyadi belum bisa dikonfirmasi terkait beredarnya surat tersebut. Saat dihubungi melalui telepon selulernya meski aktif namun tidak ada jawaban.

Ganjar Diserang Isu SARA

Calon Gubernur Jawa Tengah yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo, meminta kepada lawan politiknya yang akan bertarung dalam Pilgub Jateng 26 Mei mendatang memberikan pelajaran demokrasi yang baik kepada masyarakat. Hal itu diungkapkan Ganjar menyusul isu SARA yang ditujukan kepadanya beberapa waktu lalu. arif purniawan/ okezone

Kamis 21 November 2013

Related News