Kedokteran UMP dapat Akreditasi B

PALEMBANG – Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) akhirnya resmi diakreditasi dengan nilai B oleh BAN PT setelah menunggu hampir lima tahun lamanya.

SK akreditasi diserahkan simbolis oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Malik Fajar langsung kepada Rektor UMP M Idris kemarin. Rektor UMP M Idris mengatakan, akreditasi nilai B yang diperoleh patut diapresiasi karenamembutuhkanperjuangan yang tak mudah. Dari sekitar 61 PT yang menyelenggarakan pendidikan kedokteran hanya 16 PTN yang mendapat akreditasi A dan 18 PTN dan PTS yang mendapatkan akreditasi B. “Sisanya banyak PTN maupun PTS yang memiliki Fakultas Kedokteran dengan akreditasi C. Ini prestasi yang luar biasa karena lompatannya sangat jauh.”

“Biasanya PT dapat akreditasi C dulu baru B. Nah,UMP langsung dapat akreditasi B. Ini tentu hasil kerja keras kita semua,” jelasnya. Dengan modal yang sudah ada, kata dia, ke depan akreditasi Fakultas Kedokteran bisa ditingkatkan lagi hingga mencapai akreditasi A. Dia berharap, Fakultas Kedokteran UMP dapat menciptakan lulusan yang mampu bersaing dengan PT yang sudah lebih dulu hadir. Ketua APTISI Pusat Edi Suwandi mengatakan, meski sudah melakukan lompatan prestasi yang cukup jauh UMP tak boleh terlena.

Sebaliknya, UMP harus segera melakukan evaluasi untuk mencapai nilai akreditasi yang lebih baik di tahun mendatang. “Ada tujuh standar yang diperlukan untuk meningkatkan akreditasi. Ini jangan lupa dievaluasi. Sekarang UMP masih kurang di mana, sedapat mungkin dipenuhi agar akreditasi A bisa cepat diwujudkan,” jelasnya. Hal yang sama juga dikatakan Pimpinan Muhammadiyah Pusat yang juga mantan Kemendikbud Malik Fajar. Menurutnya prestasi pencapaian akreditasi UMP ini sudah sepatutnya menjadi penyemangat untuk mencapai prestasi.

“Akreditasi ini sangat membanggakan. Harusnya ini bisa menggairahkan, jadi maknanya semakin menambah semangat. Bukan malah lengah dan kedodoran,” jelasnya. Selain menyerahkan SK BAN PT secara simbolis, dalam kesempatan yang sama UMP juga menyerahkan berbagai program beasiswa.

Masingmasing penyerahan beasiswa dari UMP untuk 210 orang mahasiswa, penyerahan beasiswa untuk mahasiswa OKUT untuk 30mahasiswa dan penyerahan dana hibah untuk penelitian dosen dari Dikti Kemendikbud sebanyak 13 orang. komalasari

Sabtu 09 November 2013

Related News