Pemprov Diminta Tetapkan RSU FL Tobing Jadi Rujukan

SIBOLGA – Keinginan Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga dan DPRD setempat untuk menjadikan Rumah Sakit Umum (RSU) FL Tobing sebagai rumah sakit di kawasan pantai barat Sumatera Utara (Sumut) terus menguat.

Bahkan, permintaan itu sudah disampaikan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut. Ketua Komisi III DPRD Kota Sibolga yang membidangi kesehatan Jamil Zeb Tumori mengatakan, Ketua DPRD Kota Sibolga Sahlul U Situmeang dan Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk telah menandatangani surat permohonan itu.

Dalam suratnya, mereka meminta agar Kepala Dinkes Pemprov Sumut Raden Roro Suryanti Hartati menjadikan RSU FL Tobing Sibolga sebagai rumah sakit rujukan bagi pasien miskin dan tidak mampu di kawasan pantai barat Sumut. “Kami dari Komisi III DPRD Sibolga sudah menyerahkan surat dukungan permohonan dari wali kota dan ketua DPRD Kota Sibolga ini langsung kepada Kepala Dinkes Pemprov Sumut beberapa waktu lalu,” ungkap Jamil kepada KORAN SINDO MEDAN, Minggu (14/4).

Menurut dia, jika langkah ini berhasil, kesehatan masyarakat miskin dan tidak mampu akan terlindungi tanpa melihat pasien itu berasal dari kabupaten atau kota mana. Penetapan RSU FL Tobing sebagai rumah sakit rujukan juga akan membuat jarak tempuh pelayanan kesehatan semakin dekat dan memacu pertumbuhan serta pembangunan rumah sakit di Sibolga dan Pandan. Selain itu, membuka peluang kepada tenaga medis dan dokter spesialis untuk bertugas di Kota Sibolga.

Otomatis, ini akan menghidupkan perekonomian masyarakat dengan hadirnya keluarga pasien. Ketua Komisi E DPRD Sumut Zulkifli Husen dalam kunjungan kerja (kunker) mereka ke Kota Sibolga beberapa waktu lalu menyatakan, RSU FL Tobing milik Pemko Sibolga tersebut sangat wajar dijadikan rujukan Jamkesda Provinsi.

Rumah sakit ini dinilai sudah layak untuk meng-cover masyarakat yang berada di wilayah regional Tapanuli. Zulkifli pun berjanji akan membawa program ini dalam rapat DPRD Sumut di Medan jonny simatupang

Selasa 12 November 2013

Related News