Bersihkan Tutup Tangki Bensin

Waspadai jika tiba-tiba kendaraan yang Anda kendarai mati atau berhenti dan tidak bisa disela atau distater. Padahal karburator sudah dibersihkan dan klep juga sudah disetel.

Waspadai jika tiba-tiba kendaraan yang Anda kendarai mati atau berhenti dan tidak bisa disela atau distater. Padahal karburator sudah dibersihkan dan klep juga sudah disetel.

Namun tutup tangki tidak pernah diperhatikan. Nah, untuk itu tutup tangki bensin bukan hanya berfungsi untuk menutup tempat bahan bakar yang akan dikirimkan ke ruang bakar melalui karburator atau throttle body di pacuan injeksi. Saat kita melakukan perawatan terhadap kondisi saluran bahan bakar motor kita namun jangan lupakan juga pengecekan pada tutup tangkinya. Karena tutup tangki bahan bakar bukan hanya berfungsi sebagai penutup tangki.

Tapi, berfungsi juga sebagai jalur pernafasan bahan bakar yang mengalir dari tangki ke karburator. Jika sampai saluran pernafasan yang hanya sebesar jarum tersebut tersumbat, bisa dipastikan terjadi kevakuman di dalam tangki. Akibatnya, bensin tertahan di tangki dan tidak mau mengalir. Ada beberapa kejadian motor mati mendadak karena bahan bakar tidak bisa mengalir. Sebabnya saluran pernafasan yang berada pada tutup tangki mengalami penyumbatan.

Memang ada beberapa keluhan dari pemilik motor, motornya mati mendadak disebabkan karena bahan bakar tidak bisa mengalir ke kaburator. Setelah dilakukan pengecekan, baru ketahuan jika penyebabnya saluran pernafasan yang ada di tutup tangki tersumbat kotoran, yang biasanya muncul karena karat. Gejala ini bisa dilacak untuk lebih memastikannya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan cara menghidupkan sepeda motor dengan kondisi tutup tangki terbuka. Jika motor bisa hidup normal ketika tutup tangki dibuka, maka jelas permasalahannya pada tutup tangki yang tersumbat.

Mengatasinya, bersihkan saluran pernafasan yang tersumbat tersebut. Untuk membersihkan kotoran yang menutup saluran pernafasan itu, bisa menggunakan udara bertekanan atau angin dari kompresor. Sehingga kotoran bisa lebih maksimal dibersihkan. [CW-5/berbagai sumber]

Kamis 16 Mei 2013

Related News