Daftar Calon Anggota Legislatif Sementara - Baru PKS Daftarkan Caleg

MADIUN – Tinggal enam hari waktu pendaftaran caleg, baru satu partai politik saja yang mendaftarkan calonnya. Parpol tersebut adalah PKS yang di sejumlah daerah juga menjadi parpol pertama yang mendaftarkan diri.

Di Kabupaten Madiun partai bernomor urut 3 ini mendatangi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat sekitar pukul 13.00 WIB. Dengan membawa tumpukan berkas, partai berlambang bulan sabit kembar ini mendaftarkan 43 orang kadernya. Dari jumlah ini, sebanyak 18 orang adalah caleg perempuan. “Untuk enam dapil (daerah pemilihan) kami sudah siap 43 orang.

Sebanyak 40% adalah caleg perempuan, tidak hanya 30%,” kata Ketua DPD PKS Kabupaten Madiun Samhari. Dikatakannya, sebenarnya pihaknya telah siap sejak awal jadwal pendaftaran. Namun karena DPP PKS belum melakukan pendaftaran maka pihaknya juga menunda pendaftaran hingga kemarin. Sementara itu, Anggota KPUD Kabupaten Madiun Wahyudi menyatakan, sejauh ini baru PKS yang mendaftarkan calon legislatifnya.

Ke-marin, setelah menerima berkas, pihaknya langsung menghitung dan mencocokkan berkas yang ada. “Setelah itu akan diverifikasi. Semua berkas cari semua parpolbersamaan. Yaitutanggal 23 April hingga 22 Mei nanti,” ujar Wahyudi. Wahyudi menyatakan, sebenarnya pihaknya berharap para pengurus parpol bisa se-gera melakukan pendaftaran. Ini agar tidak menumpuk di satu hari, seperti perkiraannya di hari tearkhir pendaftaran.

“Kalau bisa yang tiap hari ada yang mendaftar. Kalau semua saling menunggu dan akhirnya menumpuk di hari terakhir, akan merugikan parpol sendiri. Terutama terkait waktu pelayanan yang jadi lebih lama. Kalau kami sih siap setiap saat,” katanya. Di Sidoarjo PKS menjadi parpol kedua setelah Partai Golkar yang mendaftarkan para calon wakil rakyat. Uniknya, selain mengajak serta kadernya PKS juga memberikan kado tumpeng ke KPU Sidoarjo.

Ketua DPD PKS Sidoarjo Aditya Nindyatman mengatakan pihaknya memang sengaja membawa tiga tumpeng (nasi dan lauk pauk berbentuk kerucut) yang disebut sebagai tumpeng cinta. Selain diberikan ke KPU Sidoarjo, tumpeng itu dimakan bersama dengan warga sekitar. Aditya menambahkan, Tumpeng cinta itu sebagai tetenger bahwa PKS selalu ingin menyebarkan rasa cinta kepada masyarakat. dili eyato/ abdul rouf

Sabtu 09 November 2013

Related News