Pilkada Jombang - KPU Tetapkan Tiga Pasangan Calon

JOMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang, akhirnya menetapkan tiga pasangan calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) yang akan bertarung dalam Pilkada 5 Juni mendatang.

Mereka adalah pasangan Munir Alfanani-Wiwik Nuriati, pasangan Nyono Suharli Wihandoko- Mundjidah Wahab, dan pasangan Widjono Soeparno- Sumrambah. “Kami sudah tetapkan masing- masing pasangan calon yang lolos verifikasi,” kata Ketua KPU Kabupaten Jombang Machwal Huda, kemarin. Machwal menjelaskan setelah penetapan ini, pasangan calon akan mengambil nomor urut. Rencananya pengambilan nomor urut itu akan dilakukan hari ini (Jumat 19/4) di Kantor KPU.

Untuk tahapan ini KPU memperbolehkan pasangan calon membawa tim kampanye. Hanya saja yang diizinkan masuk ruangan hanya 10 orang, sedangkan sisanya harus menunggu di luar ruangan. “KPU membatasi massa yang ikut maksimal 100 orang,” katanya. Dia mengaku tidak khawatir proses pengambilan nomor urut akan terjadi kericuhan. KPU sudah koordinasi dengan Polres Jombang untuk pengamanan.

Selain itu, KPU juga sudah meminta masing-masing pasangan calon untuk menciptakan suasana kondusif hingga Pilkada tuntas. Sementara itu, Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Jombang AKP Widodo mengatakan polisi sudah bersiap untuk melakukan pengamanan seluruh acara yang dilakukan KPU, termasuk pe-ngambilan nomor urut ini.

“Untuk acara pengambilan nomor urut, kami terjunkan ada sekitar 250 personel berpakaian dinas. Mereka berjaga mulai pagi sampai acara selesai,” kata Widodo. Namun, ia juga mengatakan setiap hari juga sudah menerjunkan personel untuk berjaga di kantor KPU Kabupaten Jombang, mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Ada sekitar tiga personel yang berjaga secara bergantian setiap hari. tritus julan/ ant

Minggu 10 November 2013

Related News