Perawatan AC Mobil

Mengendarai mobil dibutuhnya dengan kenyamanan dan kenyamanan itu akan tercapai jika pending atau AC berfungsi dengan baik, apalagi seperti di kota-kota besar seperti Jakarta ini, AC sangat dibutuhkan.

Mengendarai mobil dibutuhnya dengan kenyamanan dan kenyamanan itu akan tercapai jika pending atau AC berfungsi dengan baik, apalagi seperti di kota-kota besar seperti Jakarta ini, AC sangat dibutuhkan.

Belum kalau jalanan macet dan panas matahari menyengat, bahkan musim hujanpun pending mobil ini sangat dibutuhkan, supaya tidak muncul butiran-butiran air di kaca alias embun. Nah, untuk itu fungsi pendingin udara di kabin kendaraan memiliki peran signifi kan. Salah perhatian bukan hanya membuat gerah badan Anda, tapi isi dompet juga bisa ikut-ikutan gerah alias dandan terus. Maka dari itu perlunya perawatan pendingin kabin ini.

Hal pertama yang paling umum terjadi adalah kehadiran kotoran yang menempel pada fi n (kisi-kisi) evaporator. Piranti ini harus dibersihkan secara berkala, untuk menghilangkan debu-debu yang menempel. Kerap kali pengguna kendaraan tidak menyadari jika debu halus sekalipun yang menempel pada fi n evaporator dapat menjadi sumber penyakit. Hal sepele seperti penggunaan minyak wangi di dalam kendaraan dapat menjadi pencetus timbulnya kotoran tadi.

Hal ini makin diperparah dengan udara di dalam kabin yang hampir tidak pernah berganti, karena jendela kendaraan nyaris tidak pernah dibuka. Lantas bagaimana langkah terbaik dalam perawatan AC mobil ? perhatian untuk perawatan AC mobil sama dengan mesin kendaraan ataupun AC rumah yang membutuhkan beberapa langkah. Idealnya setiap hari sebelum kendaraan digunakan, seluruh kaca mobil sebaiknya dibuka sekitar lima menit, sekaligus menyalakan blower pada posisi maksimum. Hal ini bertujuan agar udara di dalam mobil berganti.

AC mobil juga harus mendapat perawatan berkala, agar komponen, sirkulasi dan udara yang dihembuskan tetap sehat. Rekomendasi perawatan berkala AC sebaiknya dilakukan tiga bulan sekali. Setiap setahun sekali atau setiap 20 ribu km disarankan untuk mengganti fi lter dryer. Langkah ini sendiri masih dianggap belum cukup rekomendatif, jika Anda melakukannya di sembarang bengkel. Sebaiknya untuk perawatan AC, Anda menggunakan jasa bengkel resmi.

Ada tiga pertimbangan minimal, yaitu didukung teknisi berpengalaman, penggunaan peralatan kerja telah disertifi kasi, dan jaminan keaslian suku cadang. [cw-5/berbagai sumber]

Senin 11 November 2013

Related News