Pilkada Mamasa - KPU Tetapkan 7 Kandidat

MAMASA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamasa akhirnya menetapkan tujuh pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung di Pilkada Mamasa dalam rapat pleno kemarin.

“Berdasarkan hasil verifikasi, dari delapan pasangan calon, hanya tujuh yang ditetapkan karena telah memenuhi syarat 15 persen jumlah kursi DPRD atau suara sah Pemilu 2009,” ujar Ketua KPU Mamasa Yakof S saat memimpin rapat pleno di Aula Mini Pemkab Mamasa, kemarin. Tidak hanya itu, tujuh pasangan calon ini ditetapkan lengkap dengan nomor urutnya setelahdilakukanpengundianmenggunakan bola dalam toples.

Tujuh pasangan calon tersebut, Mario Said-Simon (MarsS), Ramlan Badawi-Victor Paotonang (Harapan), Rudyanto-Hapri, Dr Elypas- Prof Wempy, Obed Nego Deparinding- David Bambalayuk (Obama), Mervie Parasang-Saharuddin Tinggi, serta Ir Linggi- Ir Edy Muliono. Sementara satu pasangan calon yang dinyatakan tak lolos, yakni Benyamin YD–Sudirman Darius.

Pasangan ini digugurkan karena wakilnya telah memundurkan diri dari pencalonan. Ketua KPU Mamasa Yakof S mengaku, penetapan pasangan calon dan nomor urut agar agenda tidak terlalu lambat. Selain itu, nomorurutjugauntukmempercepat sosialisasi para kandidat untuk bertarung di pilkada yang digelar Juni mendatang. Penetapan tujuh pasangan calon ini mendapat pengamanan ketat dari aparat gabungan TNI dan Polri.

Pantauan KORAN SINDO, sepanjang jalan di sekitar Kantor KPU Mamasa macet total akibat banyaknya kendaraan roda dua maupun empat milik pendukung dan simpatisan masing-masing kandidat. Kapolres Mamasa AKBP I Made Sunarta mengatakan, ratusan personel diturunkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Apalagi penetapankandidatbersentuhandengan pendukung tiap calon. ● andi indra

Sabtu 16 November 2013

Related News