Pilkada Enrekang - Lawan Muslimin, Keluarga La Tunrung All Out di Enrekang

MAKASSAR– Keluarga Bupati Enrekang La Tinro La Tunrung akan all out memenangkan Rum La Tunrung yang disepakati didorong maju bertarung di Pilkada Enrekang 2013 mendatang.

Apalagi jika Rum La Tunrung yang tak lain kakak kandung La Tinro resmi menjadi kandidat, dipastikan akan bersaing ketat dengan Muslimin Bando yang sempat ditetapkan sebagai kandidat Partai Golkar. Meski survei elektabilitas Muslimin masih berada di posisi teratas, namun Rum La Tunrung juga terus menunjukkan perlawanan. Itu tercermin dari hasil survei Indeks Politica Indonesia (IPI) yang menempatkan Rum berada di posisi kedua setelah Muslimin Bando yang maju berpasangan dengan Amiruddin.

Di survei yang melibatkan 440 responden itu, persentase elektabilitas Muslimin-Amiruddin di angka 33,34%. “Sementara Rum La Tunrung elektabilitasnya mencapai angka 15,92%. Artinya ini adalah sinyal bahwa bisa bersaing dengan Muslimin. Apalagi masih ada empat bulan pencoblosan,” tutur Direktur IPI Suwadi Idris Amir kemarin.

Dia menambahkan, Rum bisa melejit lagi kalau pergerakan politik keluarga besar La Tunrung, terutama La Tinro bisa maksimal di sisa waktu yang ada. Apalagi La Tinro di berbagai kesempatan sudah mengisyaratkan all out mengamankan Rum. “Rum La Tunrung yang memiliki kekuatan finansial, ditambah infrastruktur atau jaringan La Tinro sebagai bupati, tentu bisa mempermudah langkah- langkahnya untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitasnya,” kata dia.

Di Pilkada Enrekang, Muslimin dan Rum bersaing memperebutkan rekomendasi Golkar. Kendati DPP sudah pernah menetapkan Muslimin, namun keputusan itu ditolak DPD II dan DPD I karena dinilai menyalahi mekanisme. Di samping dua kandidat itu, Kepala Dinas Sosial Sulsel Suwandi Mahendra serta Wakil Bupati Enrekang Nurhasan juga ikut memperebutkan rekomendasi Golkar sekaligus partai peraih suara terbanyak di Pemilu 2009 tersebut. ● arif saleh              

Kamis 16 Mei 2013

Related News