Perindo Bentuk 9 Organisasi Sayap

Ketua Umum DPP Perindo Hary Tanoesoedibjo (tengah) mengangkat tangan bersama para pengurus dalam Deklarasi & Pelantikan Organisasi Sayap Perindo dan Pelantikan DPW DKI Jakarta di kawasan PRJ Kemayoran, Jakarta, kemarin.

JAKARTA– Ormas Persatuan Indonesia (Perindo) semakin berkembang dengan mendeklarasikan sembilan organisasi sayap di kawasan PRJ Kemayoran Jakarta kemarin.

Selain itu Perindo meresmikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) DKI Jakarta. Ketua Umum DPP Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, dilantiknya sembilan sayap Perindo tentu bisa mendukung berbagai kegiatan serta visi misi Perindo.

Kesembilan sayap itu adalah Aliansi Pemuda Indonesia (API) yang bergerak di bidang kepemudaan, Serikat Buruh Perindo (basis perindustrian yang besar), Petani dan Nelayan Perindo yang mewakili kaum petani dan nelayan, Badan Advokasi Rakyat (Bara) Perindo yang berdedikasi untuk memberi advokasi kepada masyarakat kurang mampu, Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (Perisai)

Perindo yang bertugas memberikan pelatihan untuk mahasiswa dan pelajar, Rescue Perindo yang mengemban tugas untuk memberi bantuan langsung kepada masyarakat, Badan Usaha Masyarakat Indonesia (BUMI) Perindo yang bergerak dalam mengembangkan UKM dan koperasi di Indonesia serta menggerakkan roda perekonomian masyarakat kelas bawah agar menjadi usahawan, Lembaga Kebudayaan Nusantara (Lentera)

Perindo yang berupaya menjaga serta melestarikan budaya Indonesia, dan Sayap Perempuan yang berfungsi untuk mengembangkan kembali potensi perempuan baik di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. “Semuanya sama-sama penting. Setiap sayap akan melakukan tugas masing-masing dan berkoordinasi serta bersinergi secara nasional,” ujar HT.

Menurutnya, kesembilan sayap ini juga akan berjuang agar membuat masyarakat kecil di Tanah Air menjadi produktif dan sejahtera. “Masyarakat yang makmur lebih mudah untuk dipersatukan. Ketidaknyamanan mereka membuat perpecahan karena rasa iri, kesenjangan,” imbuh HT.

Sembilan sayap tersebut, imbuh HT, adalah ujung tombak di dalam aktivitas Perindo. Salah satunya sebagai bentuk kaderisasi untuk anggota Perindo. Dia mencontohkan dalam pencalegan 2014 lebih dari 60 anggota Perindo yang bisa lolos menjadi calon legislator (caleg) baik di tingkat pusat, tingkat I maupun tingkat II.

Selain itu bisa memberikan pelatihan untuk para konstituen atau menjadi entrepreneuryang berhasil. Di tempat yang sama, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq mengatakan, dengan dilantiknya sayapsayap Perindo, mereka bisa segera membangun struktur di tingkat provinsi, kota, dan kabupaten. “Problem bangsa kita kanbanyak sekali. Tentunya dengan pendekatan sesuai segmen dan latar belakang masyarakat seperti buruh, nelayan, petani, pemuda, mereka bisa terbantu dengan kehadiran sayap Perindo,” ujar Rofiq.

Kemarin juga dilangsungkan pelantikan DPW DKI Jakarta. Selanjutnya, Perindo akan melantik DPW di beberapa provinsi seperti Sumatera Selatan (Sumsel), Sumatera Barat (Sumbar), Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Utara( Sulut), Sulawesi Tenggara (Sulteng). Sebelumnya, DPP Perindo sudah melakukan pelantikan di empat provinsi, yaitu Jawa Barat (Jabar), Jawa tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), serta Provinsi Banten.“Jadi setiap DPW di provinsi mempunyai sembilan sayap Perindo,” sambung Rofiq.

Ketua DPW Perindo DKI Jakarta Wijaya Kusuma Subroto mengatakan, sebelum deklarasi, DPW PerindoDKI Jakarta sudah melakukan berbagai kegiatan. Di antaranya pengurusan 1.000 akta kelahiran secara gratis bagi warga kurang mampu. ayu rachamaningtyas

Selasa 21 Mei 2013

Related News