Pilgub Jateng - Puluhan Reklame Cagub Tak Berpajak

SALATIGA– Puluhan reklame gambar pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang dipasang di sejumlah ruang publik di Kota Salatiga diketahui belum berizin dan tak berpajak.

Reklame tersebut adalah gambar pasangan cagub dan cawagub Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo serta Hadi Prabowo-Don Murdono. Adapun reklame pasangan cagub dan cawagub Ganjar Pranowo- Heru Sujatmoko baru membayar pajak sebanyak 25 baliho senilai Rp1,5 juta. Sementara sejumlah reklame lainnya belum berpajak.

Kasi Pendaftaran Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Salatiga Dwitanto Aris Subroto menyatakan, meski belum memasuki masa kampanye Pilgub Jateng 2013, pemasangan reklame gambar ketiga pasangancagubdancawagub di Salatiga sudah marak. Hanya, sebagian besar reklame yang dipasang belum berizin dan tak berpajak.

“Hingga siang ini (kemarin), baru PDIP yang telah membayar pajak reklame pilgub sebanyak 25 baliho gambar cagub dan cawagub yang diusungnya senilai Rp1,5 juta. Sedangkan pasangan cagub dan cawagub lainnya belum membayar pajak,” ungkapnya kemarin.

Kepala DPPKAD Kota Salatiga Fakruroji mengatakan, selama belum memasuki masa kampanye Pilgub Jateng 2013, pemasangan reklame gambar pasangan cagub dan cawagub harus berizin dan membayar pajak sesuai aturan yang telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Reklame.

Prosedur dan mekanisme pemasangannya sama dengan reklame lainnya. Sementara itu, tim gabungan Satpol PP dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Boyolali kembali menertibkan atribut Pilgub Jawa Tengah yang marak bertebaran. Keberadaannya dinilai melanggar karena terpasang di area yang harusnya steril.

Ketua Panwaslu Boyolali Taryono mengatakan atribut yang ditertibkan di antaranya terletak di Jalan Pandanaran, mulai Terminal Bus Boyolali hingga perempatan Jalan Tape. angga rosa/ ary wahyu wibowo

Sabtu 09 November 2013

Related News