Ampera Tempo Dulu Hadir di Balai Kota

PALEMBANG – Sebanyak 47 karya foto terbaik sejumlah fotografer berpengalaman dengan beragam latar belakang ditampilkan dalam pameran foto bertajuk “Mahakarya untuk Palembang” di Balai Kota mulai kemarin hingga sepuluh hari ke depan.

Salah satu masterpiece bernilai tinggi karya fotografer senior, H Dulmukti, turut dipamerkan dan bakal dilelang dalam kesempatan itu. Bahkan, satu foto karya Aris Munandar berjudul Parade Perahu Hias dihibahkan untuk Pemkot Palembang. Karya-karya ini berada di kisaran Rp3 juta–Rp20 juta bagi peminat. Asisten I Setda Kota Palembang Rosidi mengatakan, kegiatan ini dapat diikuti masyarakat luas dalam mengabadikan setiap momen, khususnya dalam pembangunan masyarakat.

“Kami menyambut baik acara ini sebagai upaya mendokumentasikan dan menyosialisasikan momen-momen terbaik dalam pembangunan Palembang,” ungkapnya seusai membuka acara kemarin. Fotografer senior H Dulmukti mengatakan, ada tujuh karyanya yang akan dipamerkan dalam momen tersebut. Di antaranya yakni foto berjudul JembatanAmpera, SungaiMusiWaktu Senja, dan Taman Kupu-kupu. “Foto Jembatan Ampera itu saya ambil pada 1970,” ujarnya.

Fotografer yang disapa kakek ini mulai mencintai dunia fotografi saat melihat hasil karya pertamanya pada masa muda. Selama 26 tahun bekerja sebagai fotografer di Bagian Humas PT Pusri, selanjutnya berkarya di Harian Sumeksselama 15 tahun hingga pensiun pada usia 79 tahun. Budayawan Palembang Erwan Sastranegara menilai fotofoto yang ditampilkan cukup mewakili rekaman kondisi Palembang, baik yang bergerak maupun tidak bergerak.

Sementara untuk kemasan pameran kurang representatif karena pilihan pigura dengan visual menonjol mengurangi mahakarya karya yang ditampilkan. “Seharusnya pigura itu mempercantik karya, tapi ini seakan menenggelamkannya karena sudah cantik,” ulas Erwan. Ketua pelaksana pameran foto Aris Munandar mengatakan, kegiatan pameran foto ini merupakan pameran foto yang cukup representatif, mulai pemilihan tema, ukuran foto, bingkai, hingga lokasi.

Mengingat karya-karya fotografi yang dipamerkan menjadi media informasi tentang percepatan pembangunan Kota Palembang selama ini. “Kegiatan kita ini bertujuan memperkenalkan dan menginformasikan kemajuan Palembangmelaluipartisipasi12 fotografer dalam karya terbaik mereka,” ungkap Aris kemarin.

Ketua Bidang Perencanaan Pembangunan Bappeda Kota Palembang ini menjelaskan, 12 fotografer yang ikut dalam pameran ini di antaranya H Dulmukti Djaja, Aris Munandar, Evan Zumarli, Kris Samiaji, Mushaful Imam, Rully Tri Saputra, Untung, Suwandi, Isra Triansyah, Fajri, dan Hatta. Mereka datang dari beragam latar belakang, mulai PNS, fotografer lepas, wirausaha, hingga pewarta foto. Sedikitnya 47 karya foto dengan beragam tema akan dipamerkan. yulia savitri

Kamis 07 November 2013

Related News