Naskah UN SD Disebar ke 17 Subrayon

Sejumlah pengawas dan polisi memeriksa kardus berisi naskah soal Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat SD/MI/SDLB di lokasi titik bongkar rayon SMA Negeri 8, Jalan Slontongan, Kota Bandung, kemarin.

BANDUNG – Naskah soal Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat SD dan sederajat di Kota Bandung sudah didistribusikan ke 17 subrayon. Berbeda dengan pendistribusian naskah UN tingkat SMP dan SMA, distribusi naskah soal untuk tingkat SD/MI di Kota Bandung menuju subrayon diangkut oleh beberapa kendaraan kepolisian.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Oji Mahroji saat meninjau pendistribusian naskah soal di SMAN 8 Bandung mengatakan, naskah soal sesuai rencana dikirim dari Dinas Pendidikan Jawa Barat sekitar pukul 23.00 WIB. Untuk pendistribusian, naskah diambil dan diangkut oleh kepolisian. “Kalau di SD tidak ada ada pengawas independen. Jadi berdasarkan perintah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengamanan naskah soal ke setiap subrayon dilakukan kepolisian,” ujarnya, kemarin.

Kepala Bidang Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar, Ende Muttaqin, menuturkan serah terima naskah dilaksanakan kemarin pagi. Saat itu juga naskah soal dicek dan dikumpulkan berdasarkan subrayon untuk pendataan. Usai pendataan, baru sekitar pukul 10.00 WIB naskah mulai didistribusikan ke 17 subrayon dengan armada dari pihak kepolisian.

Setibanya naskah soal di subrayon, naskah kembali diamankan dan dipilah berdasarkan mata pelajaran dan hari pelaksanaan. “Tinggal nanti setiap naskah akan dicek ulang di setiap subrayon, karena masih ada cukup waktu untuk mengetahui jika terjadi kekurangan soal.” “Kardus besar dibongkar, hanya untuk memastikan tidak ada kekuranganamplop,” kataEnde. Pengamanan akan lebih diperketat saat soal sudah ada di subrayon masing-masing.

Pihaknya mengkhawatirkan kebocoran naskah soal. “Tidak ada kendala apapun, semua berjalan sesuai rencana. Mudah-mudahan sampai pelaksanaannya juga berjalan sesuai rencana. Walaupun tidak ada pemantauan dari perguruan tinggi, tetapi pengamanan dari aparat kepolisian terus disiagakan, mulai piket malam sampai pendistribusian hari H ke sekolah,” tuturnya.

Kunci ruangan yang berisi naskah soal hanya dipegang panitia. Saat membuka pintu dan lemari berisi soal tetap akan diawasi aparat kepolisian. Adapun jadwal UN SD/MI dan SDLB, mata pelajaran Bahasa Indonesia akan digelar Senin (6/5), Matematika (7/5), dan IPA (8/5).

Ujian susulan dimulai Senin (13/5) hingga Rabu (15/5). Tahun ini sebanyak 40.424 siswa SD dan 17.093 siswa MI dari 809 sekolah di Kota Bandung mengikuti ujian. panji qadhafi 

Senin 11 November 2013

Related News