Ketua Yayasan Sinergi Anak Bangsa H Andi Baso Abdullah - Fasilitasi Alumni Kuliah di Australia

PERBAIKAN kualitas pendidikan melalui beragam metode sudah menjadi keharusan agar alumni mampu bersaing ditengah kompetisi global. Kondisi ini otomatis menumbuhkan persaingan lembaga pendidikan untuk menyajikan kurikulum yang mampu meningkatkan kualitas siswa sehingga tidak kalah dengan negara lain.

Salah satunya melalui penerapan pendidikan berbasis kurikulum internasional. Adalah Australian International High School (AIHS) yang diklaim sebagai SMA internasional pertama di Indonesia dengan menggunakan system double degree. Sekolah ini menjamin mengantarkan lulusannya menuju universitas di luar negeri. Bagaimana penerapan kurikulum pendidikan di AIHS, berikut petikan wawancara khusus wartawan KORAN SINDORahmi Djafar dan Taufik Sirajuddin dengan Ketua Yayasan Sinergi Anak Bangsa H Andi Baso Abdullah.

AIHS adalah salah satu sekolah internasional yang paling baru berdiri di Makassar. Bisa diceritakan seperti apa sekolah ini?

Awal terbentuknya AIHS ini sebenarnya pada 2011 lalu, namun proses belajar mengajarnya baru akan dilakukan tahun ini. AIHS adalah SMA internasional yang pertama di Indonesia yang menggabungkan dua kurikulum pendidikan, yakni kurikulum nasional dengan kurikulum Australia

Mengapa AIHS memilih kurikulum Australia padahal metode pendidikan di negara lain juga tidak kalah?

Australia sudah sejak dulu sudah terkenal dengan sistem pendidikannya yang diakui secara internasional. Disiplin ilmu di negeri kanguru tersebut mampu berkompetisi di era global. Namun demikian, kami tidak menyerap kurikulum tersebut secara menyeluruh karena harus disesuaikan dengan kultur lokal. Karena itu, AIHS menyusun kurikulum sendiri dengan tetap mengacu pada kurikulum nasional yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kami mengembangkan pelajaran dan kurikulum nasional dengan mengombinasikan sikap pelajaran atau subyek yang terdapat dalam materi kurikulum program Australia seperti study skills, statistic, information technology, computer, dan yang utama adalah IELS preparation.

Bagaimana dengan pola pembelajarannya?

AIHS menerapkan sistem pendidikan character buildingatau pendidikan yang berkarakter dimana siswa bisa menentukan pelajaran apa yang bisa mereka ikuti sesuai dengan karakter diri, kemapuan, minat, bakat anak tersebut. Jadi anak-anak bebas mengembangkan bakatnya sesuai dengan kemampuan mereka. Sistem ini sudah diterapkan di Australia. Siswa digembleng sejak awal penerimaan, dan dibagi sesuai dengan minat mereka.

Namun, jika nanti ditengah perjalanan merasa tidak cocok, maka bisa saja pindah. Untuk tahun pertama, proses belajar mengajar dilakukan semi Bahasa Inggris (bilingual), dan tahun ke dua fullBahasa Inggris. Kami juga menggunakan tenaga pengajar yang memiliki kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata. Selain guru-guru dari Australia yang didatangkan, kami juga menggunakan jasa dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) yang sudah bergelar doktor.

Apa perbedaannya dengan sekolah internasional pada umumnya?

Perbedaannya pada penggabungan dua kurikulum dan dua sistem pendidikan. Sistem ini memungkinkan lulusan AIHS mendapatkan dua ijazah yakni ijazah dari IIBT, Perth Australia dan ijazah nasional. IIBT Perth Australia merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Perth yang bekerja sama dengan Yayasan Sinergi Anak Bangsa dalam membangun AIHS. Selain itu, yang membedakan kami dengan sekolah lainnya yakni materi persiapan IELS, dimana sistem ini digunakan sebagai persyaratan masuk ke universitas di luar negeri.

Apa keuntungan mendapatkan dua ijazah tersebut?

Dengan menggunakan dua ijazah, maka lulusan AIHS bisa mendaftar ke universitas negeri dan suasta di Indonesia maupun ke universitas yang ada di Australia. Beberapa universitas Australia yang telah bekerja sama dengan IIBT antara lain Curtin Iniversity, Edith Cowan University, University Western Australian, Wollongong University, Swinburne University, Universuty of Sidney, Univesity of Tazmania, Central Queensland University, Bon University, Flinders University, Charles Stuart University.

Apa saja seleksi yang harus dilalui untuk bisa menempuh pendidikan di AIHS?

Seleksi yang kami lakukan sama dengan sekolah internasional lainnya. Kami mewajibkan adanya tes psikologi untuk mengetahui minat siswa. Selain itu, dilakukan tes potensi akademik dengan mata ujian pelajaran yang diterima di SMP seperti IPA, IPS, Matematika dan Bahasa Inggris.

Kenapa Anda lebih memilih menempatkan AIHS di Kota Makassar?

Faktor utama adalah kemudahan akses. Kami juga ingin membantu orangtua siswa yang ingin menyekolahkan anaknya ke luar negeri. Kami memberikan keringanan biaya antara 50- 70% jika ingin lanjut ke perguruan tinggi di Australia.Karena itu, kami berharap sekolah ini nantinya akan jadi mediator, atau dengan kata lain bisa menjembatani langsung ke universitas terkemuka luar negeri.●

Senin 11 November 2013

Related News