Sengketa Dapil - KPU Resmi Pulihkan Hak Hanura

JAKARTA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya resmi mengembalikan hak keikutsertaan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dengan Partai Amanat Nasional (PAN) di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Hanura kembali berhak mengikuti pemilihan legislatif (pileg) penuh di dapil Jawa Barat II, PAN dipulihkan sebagian haknya di dapil Sumatera Barat I. Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay memastikan hal tersebut setelah ketua dan komisioner KPU menyelesaikan rapat pleno untuk membahas hal ini. “Keputusannya seperti hasil putusan Bawaslu, bahwa mereka diberi ruang merapikan DCS masing-masing,” kata Hadar saat ditemui di Kantor KPU Jakarta kemarin.

Dengan begitu, kesepuluh calon legislator Hanura dinyatakan berhak mengikuti tahapan selanjutnya, adapun PAN dipastikan hanya akan menyertakan enam caleg di dapil Sumbar I. “Daerah pemilihan yang bersangkutan tetap, dengan batasan yang diberikan oleh keputusan Bawaslu,” ujarnya.

Mengenai rencana keberatan PAN yang tetap akan mengajukan gugatan kembali ke PTUN terkait tidak maksimalnya hasil putusan sengketa, Hadar dengan jelas menyatakan tidak masalah. Baginya, itu di luar wewenang KPU untuk menanggapi. “Ya, kalau mau seperti itu tidak apa, silakan saja. Itu kan hak mereka dan itu akibat dari putusan Bawaslu kan? Silakan saja,” katanya.

Seperti diketahui, Ketua Pencalegan DPP PAN Putra Jaya Husen mengancam akan membawa gugatan ke PTUN karena tidak puas atas hasil sengketa di Bawaslu yang memerintahkan agar PAN mencoret caleg perempuannya yang bermasalah. Akibat langkah tersebut PAN harus melakukan pencoretan kembali pada satu caleg pria untuk memenuhi kuota 30% perempuan yang ditentukan.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Hanura Didi Apriadi menyambut baik putusan pleno KPU yang meloloskan Hanura sesuai hasil sengketa di Bawaslu. Hanura memang yakin masalah di dapil Jabar II hanya soal sepele dan tidak harus dibesar-besarkan. “Ini masalah teknis dan substantif walau sempat menimbulkan kegelisahan di caleg kita,” ujar Didi. dian ramdhani

Sabtu 09 November 2013

Related News