Layanan PDAM - Biaya Pasang Baru Kembali Dibantu

PALEMBANG– Tahun ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi kembali mendapatkan bantuan dana hibah dari Pemerintah Australia melalui Ausaid sebesar Rp17 miliar.

Direktur Teknik PDAM Tirta Musi Stephanus menyatakan, bantuan ini dipakai untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ingin melakukan pemasangan baru air bersih PDAM. Nilai bantuan ini sesuai dengan pengajuan pihaknya yang diperuntukkan bagi 6.000 MBR. Adapun penandatanganan MoU dari bantuan tersebut dilaksanakan hari ini di Hotel Borobudur, Jakarta. “Hibah ini adalah untuk kedua kalinya.

Sebelumnya, sudah ada 6.000 MBR yang sudah mendapatkan bantuan pengurangan biaya pasang baru,” katanya. Dengan adanya bantuan ini, maka MBR yang ingin memasang sambungan air bersih PDAM cukup membayar Rp300.000, dari biaya normal pasang baru itu Rp1,1 juta. “Dengan adanya bantuan hibah ini, biayanya dipotong 73% atau hanya membayar Rp300.000 saja,” tutur Stephanus.

Diakuinya, pihak Australia cukup ketat dalam memberikan bantuan ini, dan semuanya disesuaikan dengan kriteria. Di antaranya, rumah tidak boleh lebih dari tipe 36, dan tidak boleh tinggal di wilayah kompleks. “PDAM sudah mendata siapa yang akan mendapatkan bantuan hibah ini. Lokasinya tersebar di seluruh kecamatan. Kemudian, tim dari Ausaid yang menyurvei,” ucap dia.

Sementara Wali Kota Palembang H Eddy Santana Putra mengatakan, dengan adanya bantuan hibah ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat berpenghasilan rendah, untuk mendapatkanpelayananairbersih. “Ini sebagai upaya kita juga untuk membantu masyarakat. Karena, memang biaya untuk pasang baru PDAM ini cukup mahal, mencapai Rp1,1 juta,” ucapnya. yulia savitri

Selasa 12 November 2013

Related News