Versi 4 International Colleges and Universities - UGM Universitas Terbaik di Indonesia

YOGYAKARTA – Lembaga 4International Colleges and Universities (4ICU) kembali melansir pemeringkatan universitas terbaik di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dalam pemeringkatan Juli 2013, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mantap berada di peringkat pertama di Tanah Air pada versi perguruan tinggi negeri. Di Asia, UGM berada di peringkat ke-26. Seperti dilansir laman 4icu.org, menemani UGM di tiga besar, Universitas Indonesia (UI) berada di tempat kedua, bertukar tempat dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang harus puas di peringkat ketiga.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sistem Informasi UGM Didi Achjari mengungkapkan, sejak memperoleh otonomi pada 2000 dan menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT-BHMN), UGM sangat gencar melakukan terobosan di bidang teknologi informasi (TI). Di antaranya dengan pembangunan jaringan fiber optik. “Saat ini, bandwidth di UGM sebesar 800 Mbps dan segera meningkat menjadi 2.000 Mbps. Bandwidth yang cukup besar ini digunakan untuk akses ke jurnal internasional yang dilanggan masif oleh UGM, membuat program e-learning,” tutur Didi kemarin.

Meskipun telah mencapai peringkat tertinggi, Didi mengutarakan, UGM masih harus berbenah untuk meningkatkan daya saing di tingkat internasional. Melalui infrastruktur TI yang baik, konten kaya, dan bandwidth yang besar, konten digital di UGM bisa diakses oleh masyarakat dengan mudah dan cepat. “Kualitas konten yang bagus juga membuat banyak website UGM diacu pihak luar. Akses dari luar inilah yang membuat UGM menempati posisi pertama dalam ranking karena ranking ini ditentukan dengan sumbangan digital,” tuturnya.

Perguruan tinggi yang dinilai dalam pemeringkatan ini adalah perguruan tinggi yang diakui, terlisensi, dan terakreditasi oleh kementerian pendidikan di negara masing-masing. Disamping itu memiliki program sarjana dan atau pascasarjana serta masih menggunakan metode tatap muka dalam proses pembelajarannya.

Sementara pada kategori perguruan tinggi swasta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berada di tempat terbaik. Sekretaris UMY Nafi Ananda Utama MS kemarin mengatakan, pencapaian UMY merupakan berkat kerja sama dan kerja keras seluruh warga kampus. “4ICU ini adalah penilaian independen. Kami tidak mengirimkan berkas untuk dinilai mereka, tapi merekalah yang langsung menilai kami,” paparnya.

Namun, lanjut dia, penilaian dari segi website itu bukan berarti situsnya bagus atau tampilannya yang menarik, tetapi lebih pada institusi atau perguruan tinggi itu sendiri. Bagaimana sebuah universitas diminati dan dipercaya masyarakat. Itu dapat tecermin dari isi serta informasi yang diberikan kepada masyarakat melalui website-nya.

“Tahun kemarin jumlah link yang ada di websiteUMY berjumlah 30.000 dan tahun ini naik menjadi 54.000. Itu artinya kepercayaan masyarakat terhadap kampus terus meningkat, baik itu di tingkat nasional maupun internasional,” tuturnya. ● ratih keswara

Selasa 12 November 2013

Related News