Pusat Vulkanologi Teliti Gunung Api Dempo

PAGARALAM – Empat orang tim dari Pusat Vulkanologi Bandung melakukan penelitian kondisi Gunung Api Dempo. Penelitian dilakukan terhadap kondisi kimia dan kelistrikan air kawah Gunung Api Dempo.

Ketua Pos Pemantau Gunung Api Dempo Slamet mengatakan, tim dari Pusat Vulkanologi Bandung turun langsung untuk meneliti kondisi Gunung Api Dempo melalui kadar bahan kimia dan kelistrikan dari air danau kawah. Namun, setelah bermalam di puncak, tim kesulitan untuk turun mengambil air danau kawah mengingat jalur yang tidak memungkinkan. “Untuk sementara penelitian belum membuahkan hasil karena tim tidak bisa mengambil air danau kawah di Puncak Gunung Api Dempo,” ujar Slamet.

Untuk itu, kata Slamet, tim akan turun kembali usai Lebaran guna memastikan kondisi Gunung Api Dempo. Bagaimana tidak, penelitian yang dilakukan harus membuahkan hasil agar perkembangan Gunung Api Dempo bisa diketahui selain melakukan pemantauan langsung melalui seismograf maupun visualisasi.

Wakil Wali Kota Pagaralam Novirzah mengatakan, pihaknya selalu berkoordinasi untuk mengetahui kondisi kekinian Gunung Api Dempo. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada. Terlebih, warga sudah dilibatkan untuk simulasi evakuasi jika Gunung Api Dempo benar-benar meletus. yayan darwansah

Selasa 12 November 2013

Related News