PKS Tak Peduli Mahfudi Ditahan

JEMBER – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jember tidak memedulikan salah satu pendirinya Mahfudi Husodo yang ditahan Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus dugaan korupsi Bantuan Langsung Benih Unggul (BLBU)di Ditjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian.

Mahfudi merupakan Pimpinan Proyek (Pimpro) PT Hidayah Nur Wahana (HNW) yang diduga melakukan penyimpangan proyek bantuan benih senilai Rp27 miliar. Ketua Fraksi PKS DPRD Jember Yuli Priyanto mengaku tidak paham dengan apa yang dialami Mahfudi. ”Kami tahunya (penahanan Mahfudi) dari BBM saja. Teman- teman PKS Jember yang mendengar berita dia sudah apriori juga sudah malas semua. Sudah biarkan saja, apalagi dia sudah bukan lagi kader inti PKS,” kata Yuli Priyanto.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Setia Untung Arimuladimengungkapkan, jaksa telah mengantongi bukti cukup untuk menetapkan MH sebagai tersangka. ”Penetapan MH (Mahfudi Husodo) sebagai tersangka berdasarkan bukti permulaan yang dikembangkan dari hasil penyidikan,” katanya. MH tak hanya menyandang statustersangka. Terhitungsejak Jumat (19/7), MH juga sudah ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejagung, Jakarta Selatan. ”Tersangka ditahan selama 20 hari, terhitung sejak tanggal 19 Juli–7 Agustus 2013,” ucap Untung.

Sebelumnya, Kejagung juga menetapkan Direktur Utama PT HNW berinisial S sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi BLBU Paket I Tahun 2012 yang meliputi wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Nilai kontrak proyek itu sebesar Rp209 miliar. Diduga penyaluran BLBU di lapangan tidak sesuai proyek pengadaannya. Selain itu, ada pula pelaksanaan yang diduga fiktif, sehingga negara dirugikan hingga Rp27 miliar.

Untung menambahkan, penyidik kejaksaan juga sudah menggeledah rumah milik saksi bernama MH di Jalan Koptu Berlian RT 001/RW007, Kelurahan Tegal Gede, Kecamatan Sumber Sari, Jember. Tindakan serupa juga dilakukan terhadap Kantor PT HNW di Griya Mutiara Blok A/2 Baturejo Banguntapan Bantul, DI Yogyakarta. Selain itu, rumah tersangka S di perumahan Griya Mutiara RT 006, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta juga sudah digeledah. p juliatmoko

Sabtu 16 November 2013

Related News