Pilkada Polman Berpeluang Satu Putaran

POLMAN– Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat (Sulbar) yang akan digelar 8 Oktober 2013 mendatang, berpeluang hanya berlangsung satu putaran.

Prediksi tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Jaringan Survey Indonesia (JSI) di Polman beberapa waktu lalu. Direktur Pemenangan dan Strategi Jaringan Suara Indonesia (JSI) Popon Lingga Geni kepada KORAN SINDO MAKASSAR menuturkan, survei yang digelar sejak 18-22 Juli lalu, dilakukan terhadap 440 responden dengan margin error 4,8% dan menggunakan metodologi multistagerandom sampling.

Popon menyebutkan, berdasarkan hasil survei yang dilakukannya, bakal calon bupati Polman Andi Ibrahim Masdar–M Natsir Rahmat (AIM Benar) merupakan kandidat terkuat di antara delapan bakal calon lainnya pada persaingan pesta demokrasi lima tahunan ini. “Hasil survei elektabilitas pasangan AIM Benar saat ini di atas 50% mengungguli kompetitor lainnya yang akan bersaing di Pilkada Polman,” kata Popon.

Popon menjelaskan, kalaupun elektabilitas AIM Benar mengalami penurunan, dia meyakini hal itu tidak akan bergeser jauh. Meski kompetitor telah bekerja terus meningkatkan elektabilitasnya, tapi AIM Benar juga tidak akan tinggal diam. Ibaratnya jika saat ini AIM memiliki kecepatan 200 ki-lometer per jam dan berada pada urutan paling depan, tiba-tiba ada kompetitor melambung, pasti AIM Benar juga akan menambah kekuatan mempercepat langkahnya.

“Jadi, kalau ada perubahan, tidak akan terlalu jauh. Karena dengan hasil survei sekarang, AIM Benar tidak akan diam untuk terus menambah elektabilitasnya,” kata Popon yang juga pendamping pemenangan AIM Benar. Sementara itu, berdasarkan bocoran dari Partai Golkar Polman terhadap hasil survei elektabilitas pasangan bakal calon bupati menyebutkan,

Andi Ibrahim Masdar–M Natsir Rahmat yang diusung 11 partai koalisi berada pada urutan pertama dengan persentase 57,9%, disusul pasangan Nadjamuddin Ibrahim–Erfan Kamil (Naib- Ka) dengan persentase 14,6%, urutan ketiga Muh Asri Anas–Chuduriah Sahabuddin (MAA-CS) dengan persentase 8,4%, urutan keempat pasangan Mujirin M Yamin–Hasan Bado (MMY-HB) dengan persentase 6,8%, dan urutan kelima Munarfa Atjo–Andi Bebas Manggasali (Mabes) dengan persentase 3,0%.

Selanjutnya di urutan keenam ada pasangan Naharuddin– Abdi Manaf (Nahar Meng- ABDI) dengan persentase 1,4 %, Andi Padly–Rahman Rasyak dengan persentase 1,1%, pasangan Himan K-atohidar–Nadjib Abdullah Majid (Hikman– Naam) dengan persentase 1,1%, dan urutan terakhir pasangan Suardi– Syaharuddin Haruna dengan persentase 0,0%. “Sementara yang memilih tidak tahu atau tidak menjawab atau belum memutuskan 5,7%,” ujar Sekretaris Kabupaten (Sekab) Partai itu.

Sekretaris DPD Partai Golkar Abu Bakar Kadir yang dikonfirmasi membenarkan hasil survei tersebut. Bahkan, dengan hasil survei itu, dia tetap optimistis kandidat jagoannya AIM Benar akan memenangkan Pilkada Polman dalam satu putaran. “Kami optimistis pilkada akan berlangsung satu putaran,” katanya. andi indra

Kamis 14 November 2013

Related News