Pilkada Kuningan - Satpol PP Siap Amankan Pilbup

KUNINGAN – Sebanyak 220 personel anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Bupati Kuningan yang diselenggarakan pada 15 September mendatang.

Kasatpol PP Kuningan Deni Hamdani mengungkapkan, mereka merupakan anggota yang bertugas di seluruh kecamatan dan yang sehari-hari bermarkas di Kantor Satpol PP Kabupaten Kuningan. Mereka akan menjaga kondusivitas pelaksanaan Pilkada Kuningan yang berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait, seperti kepolisian dan TNI. ”Setiap kerawanan harus dicermati dan diantisipasi lebih dini sebelum terjadi konflik besar yang dapat merugikan banyak pihak.

Anggota kami telah disiapkan secara matang untuk menyukseskan Pilkada Kuningan,” kata Deni di sela-sela kegiatan pembekalan anggota Pol PP Kuningan di Hotel Ayong Linggarjati kemarin. Dalam upaya meningkatkan kemampuan anggotanya menjaga kondusivitas pilkada, petugas Satpol PP Kuningan mendapat pembekalan dari kepolisian, KPU, dan Panwaslu Kuningan.

Mereka diberi materi tentang cara menangani segala potensi kerawanan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan masyarakat pada setiap tahapan pilkada, seperti pada saat kampanye, masa tenang, hingga pada pencoblosan dan penghitungan suara. Deni mengatakan, terdapat sejumlah kerawanan konflik yang harus diwaspadai para anggota dalam mengamankan Pilkada Kuningan, yaitu masalah SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan),

gender, politik uang, kampanye hitam, penggelembungan suara, golongan putih, hingga kemarahan calon dan pendukung yang kalah. Wakapolres Kuningan Kompol Rizal Marito menyatakan siap berpartisipasi dalam pengamanan pelaksanaan Pilbup Kuningan. Hal itu dilakukan dengan mengerahkan ratusan personelnya yang akan dibuktikan dalam gelar pasukan pada Senin (16/8). ● mohamad taufik


Selasa 19 November 2013

Related News