KPUD Muaraenim Tetapkan DPT 7-13 September

MUARAENIM - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muaraenim akan menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) pada 7- 13 September 2013 mendatang.

Saat ini, untuk jumlah DPS hasil perbaikan tercatat sebanyak 523.457 pemilih. Sekretaris KPUD Kabupaten Muaraenim Panca Surya Diharta mengatakan, DPT yang akan ditetapkan KPUD berasal dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) kelurahan/desa. Kemudian, direkap oleh Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan diplenokan oleh KPUD Muaraenim.

“Penetapan DPT nantinya melalui rapat pleno yang akan dilakukan komisioner KPUD. Jika DPT nanti sudah ditetapkan oleh KPUD, maka tidak akan ada lagi penambahan mata pilih,” ujar Panca di Muaraenim kemarin. Namun, kata Panca, sesuai hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), masyarakat tidak masuk DPT sepanjang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) dapat menggunakan hak pilihnya sesuai dengan domisili tanda pengenal tersebut.

“Misalnya si A memiliki KTP Palembang, tapi tinggal di Muaraenim yang bersangkutan hanya bisa menyalurkan suaranya di Palembang,” tandas Panca. Anggota KPUD Kabupaten Muaraenim Suprayitno menambahkan, untuk proses penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) telah dimulai sejak 10 Juni hingga 9 Juli, lalu. febria astuti

Senin 11 November 2013

Related News