Cecep Supriatna - Siapkan Mental untuk Tampil di Menpora Cup

CECEP SUPRIATNA

BANDUNG– Keikutsertaan Persib Bandung di kompetisi Menpora Cup 2013 bisa disebut anugerah bagi beberapa pemain, terutama bagi mereka yang selama ini hanya beroperasi sebagai pelapis para pemain utama.

Salah satu punggawa Persib yang mendapat peluang lebih besar untuk tampil adalah penjaga gawang Cecep Supriatna. Sepanjang perhelatan Indonesia Super League (ISL) 2013, namanya amat sulit masuk dalam line up Pangeran Biru. Tanggung jawab di bawah mistar gawang harus diperebutkannya dengan tiga kiper lain, yang secara fisik lebih bugar karena masih muda. Selain Cecep, Persib memiliki I Made Wirawan, Shahar Ginanjar, dan Rizky Bagja selaku penjaga gawang.

Nama Made dan Shahar menjadi yang paling sering dipilih tim pelatih. Bahkan, 34 laga ISL musim 2013 sepenuhnya dikuasai dua kiper timnas dari kelompok usia yang berbeda tersebut. Praktis, tahun ini Cecep sama sekali tak merasakan atmosfer pertandingan Persib di ranah ISL. Penjaga gawang berusia 37 tahun ini hanya tercatat sebanyak tujuh kali sebagai kiper cadangan. Jumlah ini menurun dari ISL musim lalu, di mana Cecep masih bisa tampil dalam enam pertandingan yang dilakoni Persib.

Di Menpora Cup, kesempatan bermain bagi Cecep dan Rizky Bagja terbuka lebar. Dua kiper utama Persib absen karena melakoni pertandingan lain. Made terpilih untuk mengikuti laga Perang Bintang, sementara Shahar masuk dalam skuad timnas U-23 untuk Islamic Solidarity Games (ISG) di Palembang. Mendapat peluang bermain yang lebih besar, Cecep mengaku tidak melakukan persiapan khusus.

Menu latihan reguler bersama tim, dianggap cukup bagi kiper sarat pengalaman ini untuk menghadapi Menpora Cup. Dia menyebut, satusatunya hal yang dimatangkan hanya mental bertanding. Lebih dari satu tahun tidak merasakan atmosfer pertandingan resmi membuatnya khawatir kembali dihinggapi perasaan grogi. Namun, secara keseluruhan Cecep mengaku siap mengawal gawang Persib di kompetisi gagasan Roy Suryo ini. “Persiapan biasa-biasa saja.

Lagi pula sebagai pemain, saya harus selalu siap jika ditunjuk pelatih. Siapa pun yang masuk ke lapangan, maka itu yang dibutuhkan tim. Adapun yang sedikit harus disiapkan mungkin mental. Karena sudah lama saya tidak turun dalam pertandingan, pasti ada perasaan berbeda,” ungkap Cecep.

Sementara itu, pelatih kiper Anwar Sanusi menyebut, Cecep dan Rizky Bagja dalam kondisi maksimal untuk kompetisi Menpora Cup. Karena itu, dia mengaku tak khawatir dengan absennya Made dan Shahar. “Sektor penjaga gawang tidak ada masalah. Cecep dan Bagja disiapkan setidaknya sampai pertandingan kedua. Sementara dalam pertandingan ketiga, saya akan lihat dulu kondisi Made, kelelahan atau tidak setelah Perang Bintang,” kata Anwar. ● gugum rachmat gumilar 



Senin 18 November 2013

Related News