JOMC II Diikuti Peserta Luar Negeri

JEMBER- Jember kembali mengadakan pagelaran Jember Open Marching Competition II–2013 (JOMC II 2013). Kejuaraan marching band internasionalpertamadiIndonesiaini berhadiah sebesar Rp170 juta.

Acara ini kemarin dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Jember Kusen Andalas, di GOR PKPSO Kaliwates Jember. Turut hadir sebagai tamu kehormatan, Mr. Fadiel Gasant dari Afrika Selatan yang sedianya akan mendaftarkan timnya untuk mengikutiJOMC2014mendatang. Dalam pagelaran kali ini peserta dibagi menjadi dua divisi, yaitu basic division atau divisi dasar diikuti oleh 8 peserta, sedangkan general division atau divisi lanjutan diikuti oleh 10 peserta, dan international division berjumlah 7 unit dengan yaitu 5 peserta dari Indonesia, Malaysia 1 peserta, dan Thailand 1 peserta.

Juri yang dihadirkan merupakan juri profesional yang berasal dari berbagai negara antara lain dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Jepang. Kemeriahan JOMC terasa saat memasuki preliminary drum battle. Kompetisi diawali dengan kepiawaian siswa siswi sekolah dasar memainkan drum pada divisi dasar. Kebolehan anak-anak sekolah yang bermain dengan rasa percaya diri dapat memukau juri dan mengundang decak kagum penonton.

Sorak sorai pendukung di tribun semakin meriah saat Battery Headz Percussion dan Bangkok Society Drum Line yang tampil apik pada drum battledivisi Internasional. Tri Basuki selaku ketua panitia penyelenggara JOMC II- 2013 mengatakan bahwa event JOMC diilhami dari kesuksesan Jember Marching Band (JMB) saat menyabet peringkat pertama dalam kompetisi marching band di Malaysia di tahun 2010.

“Angin segar bisa menyelenggarakan kompetisi marching band internasional di Jember mulai dirasakannya saat KONI Jember turut mendukung dan menjadikan kompetisi marching band menjadi salah satu event spektakuler di tahun 2013. Sejak awal tahun, kami terus melakukan sosialisasi dan menghubungi marching band nasional dan internasional untuk kompetisi disini,” kata Tri Basuki. Pihaknya mengaku mendapatkan tanggapan yang positif dari banyak unit marching band, baik lokal, nasional, maupun internasional. p juliatmoko

Minggu 10 November 2013

Related News