PILKADA POLMAN- Delapan Pasang Kandidat Komitmen Damai

POLEWALI – Delapan pasangan calon bupati dan wakil bupati di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat, berkomitmen untuk bersaing secara damai, sehat, dan tidak menjelek-jelekkan sesama pada masa kampanye.

Komitmen tersebut tertuang dalam deklarasi damai yang digelar oleh KPU Polman di Pantai Bahari, kemarin. Kesepakatan juga ditandai penandatanganan prasasti. Diketahui, Pilkada Polman akan digelar pada, Selas (8/10) mendatang. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polman, Achmad Touwe mengatakan, deklarasi kampanye Pilkada Polman 2013 damai ini dimaksudkan untuk meminta komitmen para kandidat beserta timnya menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan itu secara aman dan damai.

“Kampanye Pilkada Polman sudah dimulai. Diawali dengan pemaparan visi misi, dan hari ini (kemarin) kita semua sudah sepakat melaksanakan pilkada secara jujur dan damai,” kata Achmad di hadapan para pasangan calon. Dia berharap, dengan deklarasi kampanye pilkada damai itu, ke delapan pasangan calon yang sudah disepakati bisa menaati semua jenis aturan perundang- undangan yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkada. Salah satunya, tidak melanggar ketentuan jadwal kampanye yang telah ditetapkan, tidak melakukan kampanye terselubung atau kampanye hitam yang isinya menghina dan memojokkan masing-masing kandidat.

“KPU menginginkan para juru kampanye benar-benar menyampaikan program kerja kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa mengetahui program yang akan dijalankan jika terpilih,” pangkasnya. Sementara itu, Ketua Panwaslu Polman, Murtaji menegaskan, kampanye hitam (black campaign) adalah salah satu pelanggaran yang sangat berat. Karena itu, dia memberikan peringatan warningkepada para kandidat khususnya tim sukses, untuk tidak melakukannya. “Jika kedapatan, siapa pun kandidat yang melakukan pelanggaran, panwas tidak akan tinggal diam,” tegasnya.

Meski panwaslu dalam hal pelanggaran pilkada hanya sebatas mengeluarkan rekomendasi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan, namun pihaknya tetap akan mengawalnya hingga mendapatkan kepastian hukum.

Ke delapan pasangan calon yang akan bertarung memperebutkan kursi bupati Polman di antaranya, Naharuddin–Abdi Manaf, Mujirin M Yamin–Hasan Bado, Andi Ibrahim Masdar– Muh Natsir Rahmat, Nadjamuddin Ibrahim–Erfan Kamil, Hikman–Nadjib Abdullah Madjid, Muh Asri Anas – Chuduriah Sahabuddin, Andi Fadly Patajangi– Rahman Rasak, dan Munarfa Atjo–Andi Bebas.   andi indra

Senin 11 November 2013

Related News