KUALIFIKASI PIALA AFC U-19- Pindah ke SUGBK

Para pemain timnas Indonesia U-19 merayakan keberhasilan menjuarai Piala AFF U-19 di Sidoarjo, Jawa Timur. Tim Garuda Muda akan tampil di SUGBK pada babak Kualifikasi Piala AFC U-19.

JAKARTA –Indonesia memindahkan lokasi pertandingan Grup G Kualifikasi Piala AFC U-19 pada 8-12 Oktober mendatang. Alasan kapasitas membuat Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, ditunjuk sebagai venuebabak kualifikasi tersebut.

Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah sebelumnya memilih Stadion Petrokimia, Gresik, dan Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur. Tapi, setelah melihat euforia luar biasa saat Garuda Mudamenjuarai Piala AFF U-19, PSSI melihat kapasitas di dua stadion itu sangat terbatas. Itu terbukti ketika suporter meluapkan kemarahan karena gagal menyaksikan langsung Evan Dimas dkk berlaga. Karena itu, otoritas tertinggi sepak bola di Tanah Air langsung menunjuk SUGBK sebagai venue pertandingan nanti.

“Ketika timnas bertanding, Stadion Gelora Delta yang dijadikan venuePiala AFF U-19 tidak mampu mencukupi jumlah penonton. Kondisi itu akhirnya berimbas permasalahan,” ungkap Sekretaris Badan Tim Nasional (BTN) Sefdin Saefudin. “Karena itu, kami pindahkan ke Stadion Utama Gelora Bung Karno. Stadion itu lebih banyak menampung jumlah suporter timnas Indonesia.” Perubahan venuesecara mendadak diakui tim Pelatih Garuda Jaya, julukan timnas U-19, Indra Sjafri. Namun, Indra mengaku tak terganggu dengan perubahan tersebut. Dia justru senang karena pemainnya bakal menunjukkan performa lebih maksimal di SUGBK nanti.

“Malah bagus kalau kami harus bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Karena, dari segi rumput, tentu saja lebih bagus. Saya tegaskan bahwa kami tidak ada masalah sama sekali dengan adanya perubahan stadion babak Kualifikasi Piala AFC nanti,” tutur pelatih asal Padang, Sumatera Barat, tersebut. Perubahan tempat itu hanya membuat Indra akan memindahkan lokasi pemusatan latihan nasional (pelatnas) timnas U-19. Jika selama ini lokasi latihan dipusatkan di Sidoarjo, Dimas dkk akan segera beranjak ke Jakarta mulai 2 Oktober nanti. Dari 31 pemain yang sudah berkumpul, Indra hanya akan melibatkan 23 pemain di babak kualifikasi nanti.

Yang jelas, Indra mengharapkan timnya kembali menunjukkan performa lebih bagus ketika bergabung dengan Korea Selatan, Laos, dan Filipina. Kendati tak memasang target, Indra mengharapkan timnya bisa lolos ke putaran final Piala AFC U-19 yang akan diselenggarakan di Myanmar 2014. decky irawan jasri

Jumat 22 November 2013

Related News