Pengentasan Kemiskinan - Bappenas Prioritaskan 3 Kecamatan di Polman

POLMAN – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah menetapkan tiga dari 16 kecamatan di wilayah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) untuk penerapan program quick wins.

Tiga kecamatan tersebut adalah Kecamatan Campalagian, Tinambung, dan Kecamatan Balanipa. Bupati Polman Ali Baal Masdar mengatakan, program quick winsadalah program pengentasan kemiskinan yang masuk Master Plan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI). Ditetapkannyatigakecamatanitutentuakan menjadi wilayah prioritas dalam pengentasan kemiskinan.

Dalam penerapan quick wins, nanti akan disinkronkan dengan program-program dari kementerian pusat. Beberapa di antaranya seperti program raskin, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), pemberdayaan usaha kecil menengah, dan beberapa program lainnya sesuai dengan potensi dari tiga wilayah tersebut. Menurut Ali Baal, dengan program itu tujuannya untuk mengintervensi penanggulangan kemiskinan di Polman agar lebih terarah, fokus, dan terintegrasi, khususnya pada lokasi kemiskinan.

Harapannya dapat memudahkan untuk mengarahkan program dan kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu oleh semua sektor. Meski demikian, untuk menjamin konsistensi pelaksanaan kegiatan penanggulangan kemiskinan yang dirumuskan, diharapkan kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) melakukan koordinasi. andi indra

Kamis 21 November 2013

Related News