Bolkis, Kreasi Mahasiswa UNY - Limbah Bohlam Jadi Lampu Hias

Yogyakarta mendapatkan julukan sebagai kota industri kreatif. Berbagai kreativitas yang memiliki potensi ekonomi banyak bermunculan dan dikembangkan oleh masyarakat. Salah satu yang baru adalah kreativitas Bolkis atau Bohlam Limbah Lukis yang dihasilkan oleh tiga sekawan Sugeng Riyadi, Ingge Septia Cahyadi, dan Eza Ria Friatana.

Memanfaatkan limbah bohlam atau lampu pijar bulat berbahan kaca bening, muncul sebuah karya lampu hias atau lampu tidur cantik. Mengombinasikan keterampilan seni lukis dan pengetahuan rangkaian elektronik, sebuah limbah bohlam kini memiliki nilai jual yang cukup lumayan. “Ide pembuatannya diawali dari keberadaan limbah bohlam yang selama ini tidak pernah dimanfaatkan dan tidak bisa teruraikan secara alami,” kata Sugeng Riyadi. Tampilan cantik lampu tidur atau lampu hias didapatkan dengan teknik glass panting(lukis kaca).

Kaca lampu pijar dijadikan sebagai media lukis untuk menampilkan kesan artistik dan menarik dari lampu hias karya ketiga mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universita Negeri Yogyakarta (UNY) tersebut. Berbagai model gambar dari kartun hingga gambar-gambar alami seperti tanaman ditampilkan di atas kaca lampu. Tampilan akan semakin menarik dengan menggantikan pijaran lampu memanfaatkan rangkaian lampu LED atau light emitting diode untuk memancarkan cahaya.

Penggunaan rangkaian lampu LED yang memiliki berbagai warna tidak hanya untuk semakin memperindah tampilan dari lampu hias tersebut. Langkah tersebut untuk semakin meminimalkan biaya penggunaan dari lampu tersebut karena tidak lagi membutuhkan listrik. “Sumber energi kami memanfaatkan baterai ponsel. Sehingga untuk menghidupkannya tidak perlu tertancap semalaman di listrik. Lampu LED dengan baterai sudah cukup kuat untuk sumber dayanya,” ucap Ingge Septia Cahyadi.

Ditambahkan Ingge, pemanfaatan limbah bohlam tidak hanya karena pemikiran pemanfaatan limbah. Bentuk dari bohlam yang bulat menambah daya seni yang cantik ketika lukisan tersentuh oleh sinar lampu LED. Cahaya yang memancar semakin memiliki daya seni yang baik dengan gabungan hasil kreatif ketiga kreatornya tersebut. ●

MAHADEVA
Yogyakarta    

Sabtu 08 Februari 2014

Related News